EKBIS.CO, JAKARTA -- Forum Wakaf Produktif (FWP) mendorong nadzhir-nadzhir anggota untuk mempersiapkan materi promosi untuk Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS). Hal ini untuk mendukung penawarannya nanti kepada donatur ritel.
Kesiapan materi tersebut tergantung pula pada literasi masing-masing lembaga nadzhir. Menurut Ketua FWP, Bobby Manulang, literasi juga masih menjadi pekerjaan rumah termasuk bagi nadzhir.
Belum semua memahami skema menyeluruh dan sistem dari CWLS. "Untuk nadzhir-nadzhir besar lebih siap, namun yang lainnya masih perlu pendalaman," kata dia pada Republika, Rabu (9/10).
Nadzhir FWP baru akan dilibatkan saat penawaran untuk ritel. Saat ini, kata Bobby, Badan Wakaf Indonesia (BWI) masih fokus untuk penawaran pada korporasi. Sehingga pendalaman literasi masih belum optimal.
Bobby berjanji akan ada strategi tambahan untuk menambah informasi terkait kejelasan produk, baik bagi nadzhir, media, maupun masyarakat. Pasalnya, inovasi ini perlu segera direalisasikan setelah diluncurkan akhir 2018 lalu.
"Saat ini kita belum berani open donasi juga karena takutnya lama hingga tersalurkan," kata dia.
Biasanya, nasabah perlu kejelasan dalam bentuk laporan tentang kemana donasinya disalurkan. Untuk target pun, FWP tidak bisa menentukan bagi masing-masing nadzhir karena kesiapan mereka berbeda-beda.